Senin, 02 Juli 2012

Tantowi Yahya: Musisi Harus Sadar Asuransi

Melihat dan belajar dari pengalaman beberapa musisi senior di tanah air yang mengalami kesulitan di hari tuanya setelah regenerasi masa, Ketua Umum Yayasan AMI Tantowi Yahya berharap para musisi muda untuk bisa lebih memperhatikan asuransi. Menurut ikon musik country Indonesia ini, bahwa asuransi bisa menjadi harapan di kala menghadapi suatu kesulitan. 
 





 "Kita sangat prihatin, ada artis besar yang kaya raya pada masanya dan sangat prihatin di masa tuanya. Seringkali kami mendengar dibawa ke rumah sakit dan yang ada hanya dua beritanya, kalau tidak ada uang buat DP (uang muka) atau setelah meninggal enggak bisa keluar karena enggak ada uang," kata Tantowi . "Inilah potret artis kita," tambah penyanyi sekaligus produser musik ini saat di Hard Rock Cafe, Jakarta Pusat, Jumat (15/6).

Pembawa acara televisi senior ini pun juga berpendapat berbeda dengan di luar negeri, dimana musisi luar cukup peduli dengan bekal kelak di hari tuanya. "Kalau di luar negeri benar-benar diatur manajemennya. Mereka hanya mencipta lagu dan nyanyi, lalu untuk hari tua diatur manajemennya dengan asuransi," tutur Tantowi.

Dan di Indonesia bukannya sama sekali tak ada upaya untuk mengatur hal tersebut. "Pernah diatur di kita dengan asuransi. Kalau zaman sekarang kan dibayar dulu preminya kalau enggak ada apa-apa uang itu akan dikembalikan. Sekarang mau tidak teman-teman membayar preminya?" ujar pria kelahiran Palembang, 29 Oktober 1960 ini.

Sementara di lingkup Persatuan Artis Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), Tantowi mengatakan kepemilikan asuransi sudah menjadi hal yang mutlak. "Kalau dari PAPPRI nanti akan ada kartu anggota sekaligus asuransi, karena kami enggak mau seperti dulu lagi. Seperti baru-baru ini, Sam DLloyd meninggal karena kanker paru-paru, lalu ada pencipta lagu "Tidak Semua Laki-Laki" yang hidupnya di petak kontrakan. Saya harap lewat keharusan asuransi dari PAPPRI selanjutnya tidak lagi akan terjadi kesulitan ke depan," tutup Anggota DPR RI ini.

Sumber: www.arenamusik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar