Minggu, 08 April 2012

Financial Check-Up: Apakah Kita Sehat Secara Finansial?

Bagi mayoritas kita, melakukan Medical Check-Up mungkin merupakan hal yang sudah biasa. Apalagi bagi Anda yang bekerja pada perusahaan besar, mungkin secara berkala malahan wajib menjalani ini. Medical Check-Up dilakukan agar kita tahu kondisi kesehatan kita yang sesungguhnya. Kemudian dari hasilnya kita dapat melakukan langkah-langkah pencegahan atau penyembuhan bila ditemukan gejala-gejala yang kurang baik pada kesehatan kita.

Lantas apa hubungan Financial Check-Up dengan Medical Check-Up? Sebenarnya keduanya tidak ada hubungannya, tetapi keduanya mempunyai kegunaan yang hampir sama. Financial check-up gunanya memang bukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita tetapi lebih untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan kita.

Dengan melakukan financial check-up diharapkan kita akan mengetahui kondisi keuangan kita yang sesungguhnya. Kemudian dari kondisi tersebut kita dapat melakukan langkah-langkah pencegahan dan melakukan tindakan-tindakan perbaikan bila ada yang kurang beres dalam kondisi keuangan kita.
Untuk melakukan Medical Check-Up kita membutuhkan  tim dokter yang masing-masing memiliki kompetensi di bidangnya. Demikian juga halnya dengan Financial Check-Up kita juga membutuhkan bantuan dari orang yang kompeten di bidangnya seperti para Financial Planner, Wealth Management Specialist,  dan lain sebagainya. Apalagi bila kondisinya sudah sedemikian parahnya.

Sehat secara finansial tidak identik dengan orang kaya< lho. Bahkan banyak juga orang yang tergolong kaya tetapi justru tidak sehat secara financial. Sebaliknya dengan hidup yang pas-pasan pun kita bisa sehat secara financial. Kesehatan finansial tidak ditentukan oleh berapa besar penghasilan kita, tetapi lebih ditentukan oleh bagaimana kita mengelola keuangan yang sudah kita hasilkan. 

Kesehatan finansial bukan potret sesaat, tetapi merupakan suatu proses sebab akibat yang berjalan dalam kurun waktu yang panjang. Pola hidup dan gaya hidup kita sekarang berpengaruh langsung pada masa depan kita dan kesehatan keuangan kita. Orang yang mengalami kesulitan keuangan saat ini pasti disebabkan oleh pola hidup, gaya hidup dan cara-cara mereka mengelola keuangannya di masa lalu. Sebagai contoh mungkin kita pernah mendengar beberapa selebritis terkenal di Amerika yang mengalami kesulitan keuangan, padahal penghasilan mereka luar biasa besar.

Kalau kita meminta Financial Planner atau Wealth Management Specialist melakukan financial check up mungkin perlu biaya yang tidak sedikit. Untuk itu di bawah ini kami kutipkan salah satu Financial Check-Up sederhana yang ditayangkan CNBC (dalam tayangan tersebut disebut Financial Stress Test) untuk mengetahui kondisi keuangan kita. Yang Anda perlukan hanya menjawab secara jujur YA atau TIDAK lima pertanyaan dalam test tersebut.

Berikut pertanyaan Financial Stress Test tersebut.
1.    Apakah tempat anda bekerja mulai mengurangi pegawai?
2.    Apakah tabungan anda yang likuid hanya cukup untuk hidup kurang dari enam bulan?
3.    Apakah anda berhenti atau tidak berinvestasi untuk hari tua?
4.    Apakah anda kesulitan untuk membayar cicilan rumah?
5.    Apakah anda memiliki utang berbunga tinggi (seperti utang kartu kredit, utang dari rentenir, dan lain sebagainya) lebih dari 10% dari pendapatan anda?
 

Bila ada 2 saja dari 5 pertanyaan tersebut yang secara jujur Anda jawab YA, maka Anda berpotensi memiliki masalah finansial. Tertapi kita jangan berkecil hati karena justru dengan mengetahuinya sekarang Anda dapat membuat langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan perbaikan. Kami siap membantu anda untuk memperbaiki kondisi kesehatan finansial anda. Dan yang paling penting anda punya komitmen dan disiplin yang kuat untuk memperbaiki kesehatan finansial anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar